Program Studi Administrasi Bisnis merupakan pendidikan
vokasi jenjang Diploma 3, berdiri tahun 1997, menghasilkan tenaga Ahli Madya
yang profesional dalam bidang administrasi pada umumnya, dan administrasi
perusahaan khususnya, yang berorientasi pada kebutuhan dunia usaha dan
industri.
Dalam prodi Administrasi
Bisnis memiliki bermacam materi perkuliahan, antaran lain;
§ Kewirausahaan
§ E-Commerce
§ Simulasi Bisnis
§ Manajemen Kearsipan
§ Public Relation
§ Negosiasi Bisnis
§ Protokoler/Kesekretariatan
§ English For Secretary
§ Aplikasi Komputer Pengolah Basis Data
§ Manajemen Penjualan
§ Statistik
§ Hukum Bisnis
§ Mandarin
§ Pelayanan Prima
§ Pengantar Ilmu Administrasi
§ Manajemen Perkantoran
§ Keyboarding Skill (Kecepatan)
§ Aplikasi Komputer Pengolah Angka
§ Aplikasi Komputer Akutansi
§ Manajemen Pemasaran
§ Kumunikasi Bisnis
§ Akutansi Aset
§ Manajemen Event
§ Adm Ekspor Impor
Materi
perkuliahan Prodi Administrasi Bisnis meliputi berbagai fungsi dalam aktivitas
bisnis, antara lain pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia. operasional
bisnis, teori dan perilaku konsumen, kepemimpinan, kewirausahaan, kesekretariatan,
manajemen perencanaan dan simulasi bisnis, serta pengambilan keputusan.
Selain
itu kita akan tetap dibekali dengan dasar-dasar pengetahuan untuk mendukung
studi administrasi bisnismu. Misalnya termasuk dasar akuntansi, bahasa Inggris
bisnis, matematika untuk bisnis, statistika, hingga pengantar TI. Dasar-dasar
pengetahuan ini baik untuk ke depannya saat kamu mulai memasuki materi
keuangan, perpajakan komunikasi bisnis, dan sistem informasi bisnis.
Visi dan Misi Program Studi Administrasi
Bisnis
Visi : Menjadi lembaga pendidikan vokasi yang unggul pada bidang Administrasi Bisnis di Asia tahun 2025
Misi : Menyelenggarakan
pendidikan vokasi di bidang Adnibistrasi Bisnis melalui kegiatan pendidikan,
penelitian dan pengabdian masyarakat dengan orientasi pada kreativitas dan
inovasi teknologi serta menyesuaikan dengan dunia kerja dan kebutuhan masyarakat
regional.
Metode Pembelajaran Pendukung
dalam perkuliahan berupa PBL
Prodi Administrasi Bisnis menghasilkan
tenaga ahli madya profesioanal di bidang Administrasi Bisnis yang mampu
beradaptasi dengan perkembangan iptek, mempunyai jiwa kewirausahaan serta
memiliki kepribadian yang baik.
Oleh
karena itu diberlakukan metode pembelajaran dalam bentuk Projek Base Learning, dimulai
tahun (2022) pada semester tiga (3) oleh mahasiswa angkatan tahun 2021, dan
juga PBL tahun ini (2023) dilakuan awal semester empat (4). Dsn sekarang
disemester lima (5) juga akan melakukan PBL berupa membuat web utuk suatu UMKM
atau Instansi.
Model pembelajaran yang menggunakan
proyek atau kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi
sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dicapai Mahasiswa,guna untuk
mempersiapkan mahasiswa yang siap terjun dalam dunia kerja. Dengan adanya
Projek Base Learning mahasiswa lebih mudah memahami pembelajaran yang
diberikan,karena mahasiswa tidak hanya mempelajari dan memahami teori saja, namun
mereka langsung melakukan penerapan praktek mata kuliah tersebut dan dapat
berguna bagi dunia Bisnis kecil
UMKM maupun industri besar.
1.
Mata kuliah
Aplikasi Komputer Akutansi akan mengerjakan sebuah PBL (Project Base Learning)
yang mana kita akan dibagi menjadi 3 orang dalam satu kelompok, dan kelompok
tersebut akan diminta untuk mencari satu UMKM yang bersedia memberikan
data-data keuangannya untuk dikelola melalui Aplikasi MYOB. Dengan mengelola
data-data keuangan UMKM tersebut maka akan menemukan keuntungan yang diperoleh
oleh UMKM selama 1 bulan.
2. Mata kuliah
Manajemen Sumber Daya Manusia juga membuat sebuah PBL (Project Base Learning)
dengan mencari satu instansi dan mewawancarai meliputi materi yag telah di
tentukan sebelumnya. PBL ini dilakukan secara pribadi, namun boleh satu
instansi dengan teman asalkan materi yang dikerjakan berbeda.
3. Mata kuliah Aplikasi
Komputer Pengolah Basis Data dan Manajemen Kearsipan, membuat sebuah PBL
(Project Base Learning) untuk mengelola arsip secara elektronic dan manual
dengan karakter yang diciptakan sendiri sesuai dengan metode yang nantinya
mempermudahkan orang instansi memahami arsip yang telah kita susun. Mencari
satu instansi yang belum menggunakan sistem electronic untuk arsipnya. Nantinya
kita yang akan membuatkan aplikasi yang dapat mempermudahkan orang diinstansi
tersebut dalam menemukan arsip yang ingin dilihatnya.
4. Mata kuliah Manajemen
Operasional dimana sasaran untuk pencapain PBL nya langsung pada perusahaan
manufaktur, output dari mata kuliah ini mahasiswa dapat melihat secara langsung
bagaimana operasional suatu perusahaan manufaktur dalam melakukan manajeman
persediaan perusahaaan dan mahasiswa juga harus membuktikan hasinya sesuai
dengan teori yang sudah dipelajari dalam pertemuan perkuliahan.
5. Mata kuliah
Hukum Bisnis jugas ada diminta untuk mewawancarai pemilik waralaba mengenai
surat izin penggunaan nama produk yang dikelola, dan mewawancarai agen asuransi mengenai apa
saja yang termasuk asuransi dan semacamnya.
Manfaat
diadakan kegiatan projek base learning ini dapat melatih mahasiswa untuk berani
dan siap terjun dalam dunia industri, melatih jiwa mandiri dan percaya diri
seorang mahasiswa rasa tanggung jawab, kerjasama tim dan kemampuan
berkomunikasi mahasiswa sesuai dengan fungsi mahasiswa adalah agen perubahan
yang mana dapat membantu masyarakat, perusahaan dan industri. Selain mahasiswa
dapat melihat dan menerapkan langsung di dunia industri, mahasiswa juga mendapatkan
gambaran bagaimana proses penyusunan untuk tugas akhir nantinya, karena setiap
projek yang dilakukan ada laporan yang harus diselesaikan oleh mahasiswa dan
laporan tersebut dapat di pertanggung jawabkan oleh mahasiswa tersebut.
Kompetensi Dasar Program
Studi
Memiliki kompetensi dalam mengelola operasional
kegiatan kesekretariatan dan administrasi perkantoran serta bisnis perusahaan. Menghasilkan
tenaga Ahli Madya profesional dalam bidang kesekretariatan dan administrasi
perkantoran sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri yang
berkeahlian tinggi dalam menagani operasi perkantoran dan berwawasan konseptual
yang baik untuk mengembangkan sistem perkantoran bisnis secara menyeluruh.
Pilihan karir seorang
lulusan Administrasi Bisnis sangat beragam, dengan bekal ilmu yang didapatkan
selama perkuliahan, bebas menentukan pilihan karier sesuai passion yang
dimiliki.
Ada
beberapa pilihan karier yang sangat memungkinkan antara lain;
1. Tata
Usaha ( Admin)
2. Bagian
personalia
3. Digital
marketing
4. Wirausaha
5. Dosen
Kenapa harus memilih Prodi AB
Lulusan
Administrasi Bisnis memiliki pilihan karier yang beragam karena dibekali
berbagai pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan pengelolaan
operasional bisnis yang mana hal tersebut menjadi pilar utama dalam kegiatan
bisnis.
Kita
dapat belajar mengelola sebuah bisnis mulai dari dasar bahkan bisa dari nol.
Prodi ini sangat cocok bagi orang yang memang bercita-cita ingin merintis usaha
sendiri seperti menjadi wirausaha.
Dengan
meliat prospek dunia bisnis saat ini dan dimasa depan yang akan terus
berkembang, tentunya Prodi Administrasi Bisnis akan terus dibutuhkan.
Sasaran
program studi Administrasi Bisnis adalah menghasilkan lulusan yang memenuhi
standar kompetensi dunia industri bidang Administrasi Bisnis. Strategi yang
dilaksanakan adalah melalui peningkatan kualitas proses pembelajaran dengan
mengikuti perkembangan teknologi, peningkatan kualitas penelitian dan
pengabdian masyarakat serta peningkatan hubungan dunia industri dan asosiasi
profesi
Fasilitas
Pendukung yang dimiliki Prodi Administrasi
Bisnis
Seperti;
•
Labor Perkantoran/ Simulasi Bisnis
Khusus untuk melakukan pekerjaan
layaknya dalam sebuah kantor perusahaan.
•
Labor Pengetikan Manual
Untuk
melatih jari-jari agar cepat dalam mengetik pada keyboard komputer.
• Labor Pengetikan Elektric
Melatih
kecepatan 10 jari dalam mengetik satu atau dua paragraf dengan cepat.
wah keren banget
BalasHapusBisa di jelasin ngak kk, materi perkuliahan yang ada di program studi Administrasi Bisnis itu kk
BalasHapus